Kamis, 15 September 2011

Banyak Iklan? Block saja dengan DroidWall

Oleh : Ufi Hauzaan Al-Farrozii

Iklan di app sering kali diarasa mengganggu. Namun bagi developer app, iklan itu bisa jadi sebagai tambahan uang jajan. Jadi ya hargailah hasil kerja mereka.

Bagi yang masih ingin blok iklan, boleh dilanjutkan membacanya. App yang dibutuhkan adalah DroidWall, bisa diunduh secara gratis dari market. Fungsi asli DroidWall adalah untuk mengatur proses apa saja yang boleh terhubung ke internet. Karena iklan yang muncul di app itu berasal dari internet, maka dengan mblokir akses internet app tersebut maka iklan ga akan muncul.

Syarat: Root

Step by Step:
  • Install DroidWall
  • Configure
  • Menu --> Enable Firewall --> Apply rules

Configuration:
  • Ada dua mode dalam DroidWall. Secara default adalah White list, yang berarti hanya app yang dicentang yang bisa akses ke internet. Sedangkan mode Black list adalah kebalikannya, yaitu app yang dicentang yang ga bisa akses internet.
  • Pilih app apa saja yang boleh dan dilarang terhubung ke internet berdasarkan mode yang kalian suka. Saya pake mode Whit list. Ingat, kalo kalian pake mode white list, app yang baru diinstall tidak akan bisa akses internet sebelum dicentang di DroidWall. Misalnya kalian install Opera Mobile tapi gak bisa nyambung, itu karena DroidWall memblokir akses Opera Mobile. Jadi centang dulu Opera Mobile biar bisa dibuat browsing. Kalo pake mode ini, jangan lupa centang proses yang dibutuhkan buat download dari market atau internet dan buat gps, atau pake mode Black list aja jika ragu.
  • Kalo mode Black llist, ya kebalikannya, setiap app yang baru diinstall otomatis bisa terhubung ke internet, iklan juga muncul. Unutk memblokir harus dicentang dulu di DroidWall, kemudian Apply rules.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar